Thursday, August 16, 2012

0 Memaknai HUT Kemerdekaan RI tidak Hanya Sekedar Upacara Bendera


Seperti biasa tanggal 17 Agustus di seluruh antero negeri ini memperingati hari kemerdekaan RI ke 67 dengan melakukan upacara bendera. Baik itu di instansi pemerintah, swasta semuanya mengadaakan Upacara bendera, dengan Tema HUT ke-67 RI "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.". Terlepas dari tema HUT RI ke 67 yang ada menjadi pertanyaan Apakah dalam memperingati hari besar ini cukupkah hanya sekedar dengan puasa. tentunya jawabnya tidak?

Banyak PR bagi mnegeri ini tertuma dengan generasi muda kita yang sekarang berbeda dengan generasi jaman dahulu kala yang begitu bangga dengan Indonesia. Ketika hari peringatan tiba tidak hanya mengadakan lomba-lomba seremonial saja namun mereka selalu siap dengan kegiatan-kegiatan yang menunjukan semangat juang para generasi pendahunya.

Coba lihat sekitar kita bagaimna kondisi sekarang generasi muda kita, kebanyakan mereka hanya duduk-duduk saja, tanpa ada rasa bangga akan Indoensia, dan tidak memaknai hari kemerdekaannya. Sungguh sia-sia jika kita ikut terlena dan membiarkan mereka tidak berkarya, tentunya tidak ada salahnya jika negeri tetangga mulai menghina kita dengan mengakui adat budaya kita karena kita sudah tak lagi bangga dengan hasil karya kita.

Apalagi saat bulan puasa tiba alasan demi alasan dia buat dengan rantai kata-kata, dengan rasa capeknya, rasa malasnya dengan tameng puasanya. Mereka hanya banyak todur..tidur dan tidur atau sekedar batau ngelamun ngalur ngidul tidak ada jalur. MasyaAllah... tentunya generasi seperti ini yang tidak kita harapkan. Ke depan harus ada peruabahan yang nyata untuk generasi muda kita, mereka harus kita berdayakan agar mereka mau untuk berkarya dan berkarya , dantentunya mau berdoa, jika negeri ini mau jaya.

Jadi teringat denagn contoh Bapak kita, yang fotonya ada di bawah ini, yang menjadi kebanggaan dengan kedisiplinanya, dengan teguhnya, dan dengan didikannya banyak anak yang sudah menjadi orang yang berguna, dan tentunya karena selalu memberikan contoh yang nyata dalam berkarya walau sudah tua mau menjadi pemimpin upacara.
Semangat Untuk membina Anak Didiknya Luar Biasa
Mari generasi muda kita maju bersama
Tidak hanya memaknai hari kemerdekaan kita hanya dengan upacara saja
kita selalu menghormat ke bendera namun kita membelakanginya
Atau dengan kegiatan simbolis dan rutinitas biasa
Kita harus membuat karya-karya nyata dan tidak hanya berkelakar saja
Buanglah rasa kemalasan Anda , dan pupuklah semangat generasi tua kita
Dalam meraih kemerdekaan negara.
Agar Negeri ini jaya raya
Kita harus bangga dengan negeri tercinta
Semoga dengan semangat yang menyala
Nantinya banyak generasi muda Indoensia yang mendunia

Selamat

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates