Wednesday, August 1, 2012

0 Ayo Tunjukkan Karyamu di Bulan Puasamu



Bulan puasa adalah bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh rahmat dan bulan peningkatan diri, seiring dengan ini maka di sekolah diadakan program-program yang penuh dengan nuansa keagamaan mulai dari pengajian pagi, tadarus bersama, pesantren kilat, pemberian zakat fitrah dan lain sebagainya. Puasa ini juga merupakan bulan berkah bagi murid- murid kesayangan kita karena ada bulan ini mereka dapat pulang lebih awal dari biasanya.

Yang menjadi pertanyaan apa yang dilakukan mereka setelah pulang awal. Ketika saya seringbertanya di beerapa kelas yang saya ajar jawaban kebanyakan anak adalah sama yaitu tidur dan tidur. tidak banyak aktivitas bermanfaat yang dilakukam oleh mereka. ada juga yang menjawab bermain kerumah teman. tidak ada karya yang diberikan pada mereka, apakah ini ada kemungkinan kecenderungan seorang guru kadang juga tidak memberikan tugas rumah ketika bulan puasa?

Hal imi tentunya perlu perubahan bukankah bulan puasa adalah bulan peningkatan tentunya ketika kita melihat anak- anak muda kreatif misalnya membuat jajanan dan di jajankan di jalan, atau melakukan kegiatan keagamanan yang lain di rumah. misalnya bagi yang belum tamat iqronya bisa mklanjutkan iqronya danlain sebagaimnya.

Kesemuanya bisa dilakukan inisitif guru- guru untuk membuat tugas rumah yang bisa dilkukanmereka secara berkelompok atau individual misalnya IPA memberikan proyek-proyek sederhana yangbisa dilakukan mereka di rumah. membuat roket air ,isalnya sehingga mereka juga merasa bisa bermain dan belajar.

Untuk pelajaranlin juga bisa dilakukan dengan hal yang kreatif misalnya bahasa indonesia membuat cerita- ceita di bulan puasa dan dikirimkan di media masa sehingga bisa mnambah pengetahuan mereka tentang media. dan ini pernah saya lakukan pada anak didik saya dahulu dan mereka juga mendapat tambahan karena tulisan mereka di muat dan mendapat honorarium. Asik bukan.

Untuk anak didikku
Mari isi bulan puasamu
Dengan kegiatan yang bermutu
Jangan tidur melulu
Buat karyamu untuk negerimu
Apalagi bisa berbuat lebih banyak untuk Agamamu
Itulah anak yang mau Maju
dan InsyaAllah ke depan suksesakan menantimu
Dan kau harus percaya itu


0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates