Thursday, August 23, 2012

0 Belajar IPA dengan Media di Sekitar Kita

Banyak  media  di sekitar kita yang dapat kita  dari yang sederhana sampai dengan yang komplek dari kertas sampai dengan teknologi. nah kali ini saya akan memberikan sebuah  untuk membuat media dari yang sederhan di sekitar kita.
Belajar IPA dengan media  di sekitar kita

Suatu saat saya akan mengajar IPA tentang tema  gaya meruabh bentuk benda, kadang anak-anak sering lupoa atau malas  untuk membawa sesuatu dari rumah untuk praktek,  sehingga ketika pelajaran berlangsung anak-anak tidak siap dengan praktek yang ingin saya lakukan. dengan ide cepat saya mengambil ide, pada kesempatan itu saya awalai dengan mengajak siswa untuk belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda.

Anak-anak karena kalian tidak membawa barang atau benda untuk praktek sekarang sobek kertas kalian, bagin tengah, selanjutnya kalian bagi menjadi dua yang rapi ya. Dipikirnya anak-anak karen atidak emmabwa tugas mau ulangan mendadak. ada salah satu anak yang bertanya "mau ulangan ya pak?". saya menjawab "menurut kalian bagaimna?, apakah kalian mau ulangan hari ini?", jawab serentak anak-anak "tidak pak".

Nah dengan kertas tadi kalian masih ingatkah pada waktu kecil kalian pernah membuat pesawat-pesawatan, sekarang kalian buat pesawat itu.  dan jangan lupa karena kalian tidak tertip maka kalian tulis kesalahan kalian dan tulis pula kata-kata motivasi di atasnya utnuk merubah sifat kalian.  dengan itu anak-anak sangat antusias belajar walau ada beberapa yang menganggap hal ini seperti anak kecil namun di akhir mereka sangat tretarik dengan apa yang saya lakukan.

Dengan pesawat tadi kita akan belajar tentang gaya dapat mengubah bentuk benda, coba sekarang siapkan terbangkan pesawat kalian dan jangan lupa teriak yang keras untuk merubah sifat kalian dengan apa yang kalian tulis di atasnya tadi. ketika mereka teriak  keras dengan ini maka terliahat mereka tidak tegang dengan pelajaran dan merasa enjoy. 

Dengan kasus ini kita bisa melihat bahwa ketika kita tidak siap akan media yang ada kita bisa menggunakan media yang ada di sekitar kita untuk belajar IPA. seperti terlihat foto-foto di atas terlihat bagaimna kecerian mereka. jika tidak percaya silahkan anda coba. Dan bapak ibu guru bisa mencoba dengan media yang lain ketika suatu saat menghadapi kendala seperti saya tadi.

Selamat mencoba  semoga bermanfaat untuk bapak ibu guru di seluruh Indoensia. Salam hangat dari Guru IPA Pati

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates