Wednesday, May 30, 2012

0 Reviu SIM (Sistem Informasi Manajemen) sekolah LPMP 2012


Pada tanggal 30 Mei 2012 - 1 Juni 2012 kita di undang ke LPMP untuk ikut reviu SIM sekolah LPMP 2012. Alhamdulillah di sini kita ketemu sama orang-orang hebat TI seperti pak Hamrowi, M.Kom, Pak Mampuono, Antanius Budi M.Kom, mas Fauzan Mahanani, Mas Agung yang ilmunya segudang.

Tujuan Kegiatan review SIM sekolah adalah untuk melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi SIM sekolah, dan adanya masukan-masukan yang berarti dari praktisi di sekolah terhadap SIM sekolah yang sedang dibangun.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Review SIM sekolah ini adalh tersedianya aplikasi SIM sekolah yang dapat digunakan sebagai pusat manajemen kegiatan pendidikan di sekolah-sekolah dalam kesatuan sistem yang terintegrasi dan tersetruktur.

Dalam acara itu materinya antara lain :
1. Kebijakan Kemendikbud tentang SIM
2. Penjelasan Teknis SIM sekolah
3. Presentasi SIM Sekolah
4. Reviu SIM Sekolah per Jenjang
5. Pemaparan Hasil Reviuw SIM Sekolah per jenjang.

Hari pertama sedikit penjelasan tentang SIM oleh pak Antonius Budi, M. Kom dan selanjutnya di jelaskan tentang fakta-fakta dan prediksi perkemabangan IT ke depan, permasalahan yang timbul akibat perkemabangan IT dan cara mengatasinya oleh Hamrowi,S.Si, M.Kom.

Pak Hamrowi juga menjelaskan pentingnya adanya SIM di sekolah dan cara mengatasinya. Dan tak kalah menariknya di jelaskan juga tentang rancangan SIM di sekolah mulai dari SIM PPDB, SIM Administrasi Perpustakaan, SIM Administrasi Sarpras dan lain-lain. Begitu juga dijelaskan Keunggulan-keunggulan SIM yang akan di bangun.

Juga ada presentasi tentang SIM perputakaan dari pak Budi dan SIM PPDB Online dari Bapak Ismail yang cukup memukau yang rencana akan di gunakan di kabupaten Kudus. Dalam hati berpikir jika ada guru seperti pak Ismail luar biasa bisa membangun SIM sebagus itu. Coba saja jika guru bisa ikut ketularan ikut bisa membuatnya wah pasti luar biasa

Hari kedua adalah penjelasng tentang SIM PPD antara lain pendataan Calon PD , seleksi Calon PD dan hasil Seleksi PD. dilanjutkan dengan pembagian dibagi menjadi dua satu bagian analisa kebutuhan SIM dari sekolah oleh pak Hamrowi dan yang lainnya bagian Coding SIM

Hari ketiga dilanjutkan presentasi dari TIM Coding PPDB oleh pak Fauzan A Mahanani dan Review SIM oleh Perputakaan oleh pak kirno dan kawan-kawan. dan ditunjukkan SIM perpustakaan dari instanis yang sudah sangat bagus.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates