Saturday, August 7, 2010

0 Mengatasi Kerusakan Jalur Power


Tips memperbaiki kerusakan ponsel secara cepat dan mudah. Kerusakan pada ponsel selalu diawali dengan kerusakan kecil. Namun, karena tak langsung diatasi, kerusakan merembet sehingga menjadi besar. Kerusakan pada ponsel banyak penyebabnya, mulai bagian signal, data, power atau tegangan. Kerusakan pada bagian tersebut bisa membuat ponsel tak bekerja secara maksimal, bahkan mati total.

Kerusakan pada charger ponsel sangat mengganggu. Memang saat ini banyak alat charger yang dapat mengisi ulang tegangan baterai dengan melepaskan baterai terlebih dulu. Cara demikian ini, mengganggu pengguna pada saat berkomunikasi. Kerusakan demikian harus dipikirkan dengan serius.

Kerusakan Charger
Kerusakan pengisian baterai ada beberapa penyebab. Pertama, karena mutu baterai yang dipakai rendah sehingga menjadikan arus tegangan balik atau karena terkena air. Kedua, karena komponennya sudah lemah atau rusak. Dari kedua penyebab ini, kami akan memberikan tips bagaimana memeriksa dan memperbaikinya. Perbaikan ini dapat dilakukan dari sisi hardware dan software. Karena, khususnya software, sangat berpengaruh pada bagian apa pun yang terdapat pada ponsel.

Jalur Konektor Charger Nokia 6600
Pada Nokia 6600 kadang juga sering mengalami kerusakan pada bagian pengisian tegangan baterai atau dengan kata lain mengalami kerusakan Not Charging. Kerusakan Not Charging dapat disebabkan oleh perangkat hardware yang bermasalah ataupun perangkat softwarenya yang telah rusak. Jika memang rusaknya karena software, maka cara memperbaikinya juga harus dengan software. Jika kerusakan karena perangkat hardware, maka kita harus memperbaikinya secara hardware.

Perangkat-perangkat hardware yang berkaitan dengan pengisian baterai adalah alat charger, fuse atau sikring, lilitan, bahkan sampai pada IC (Integreted Circuite) yang mengalami kerusakan. Sedangkan apabila hanya jalur penghubung antarkomponen yang mengalami gangguan atau putus jalur, maka Anda tak perlu mengganti komponen, melainkan cukup dengan melakukan jumper pada posisi jalur yang terputus.

Jalur Konektor Charger Nokia 6670
Jika Anda pemilik Nokia 6670 yang rusak pada bagian charger, maka tahapan awal yang harus dilakukan adalah memeriksa terlebih dahulu alat charger yang digunakan. Jika tegangan yang keluar kurang dari ketentuan atau harus lebih besar dari ukuran tegangan baterai, maka ganti alat charger itu. Tapi, jika kerusakan akibat konektor charger pada ponsel atau biasa disebut plug in, maka konektor harus diganti.

Sedangkan jika kerusakan itu berakibat tegangan tak sampai kepada konektor baterai, berarti ada komponen yang rusak atau mengalami putus jalur. Untuk jalur charger ponsel Nokia 6670 dapat Anda periksa dengan multi tester. Apabila memang ada jalur yang terputus.

Jalur Konektor Charger Nokia 3100
Permasalan not charging pun bisa dialami Nokia 3100. Bagaimana mengatasi kerusakan itu dengan cepat dan mudah? Anda dapat mengikuti langkah dan petunjuk jalur tegangan yang dilewati, khususnya jalur-jalur komponen charger, dari mulai IC charger, konektor baterai, dan komponen-komponen kecil lainnya yang juga ikut mendukung dalam urusan isi dan mengisi tegangan baterai.

Jalur Konektor Charger Nokia 3210
Pada Nokia 3210, jika mengalami kerusakan not charging, maka permasalahannya bisa karena IC charger atau IC power yang rusak. Komponen kecil pendukung atau bahkan terjadi putus jalur, jika memang yang rusak pada IC mungkin akan sedikit mudah untuk memperbaikinya. Tapi jika rusaknya karena putus jalur, akan sedikit lebih sulit, karena memang jalurnya tak kelihatan. Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan jumper jika terjadi putus jalur.

Jalur Konektor Charger Sony Ericsson Z800i
Untuk memperbaiki kerusakan Not Charging pada Ponsel Z800i, pada dasarnya sama dengan memperbaiki kerusakan Not Charging pada ponsel jenis apa saja, karena memang secara struktur dan sistem kerja pada bagian itu sama. Kali ini, kami akan memberikan jalur alternatif untuk memperbaiki kerusakan Not Charging yang dialami ponsel Z800i. Anda dapat menjumper langsung dari ujung konektor charger dan mengarah pada komponen penghubung lain.

Jalur Konektor Switch On/Off Sony Ericsson T610
Bicara kerusakan power switch pada ponsel Sony Ericsson T610 memang sering terjadi. Apalagi kerusakan itu disebabkan terjadinya putus jalur. Jika jalur terputus, kita harus melakukan jumper sesuai dengan jalur power itu sendiri. Pada ponsel Sony Ericsson T610, jalurnya yaitu dari jalur kaki positif baterai dijumper dengan komponen kecil penghubung yaitu R720.

Jalur Konektor Switch On/Off Nokia 3230
Untuk jalur positif konektor switch On/Off pada Nokia 3230, pada dasarnya sama dengan jalur-jalur switch On/Off perangkat ponsel lain yang juga memiliki jalur tersebut. Namun, setiap perangkat ponsel itu ada yang membedakan, yaitu bentuk dan letak posisi dari setiap komponen.

Jalur Konektor Switch On/Off Nokia 3100
Pada ponsel ini memang sulit melakukan teknik jumper pada bagian jalur switch On/Off jika komponen kecil pendukung seperti Resistor dan Condensator, yang berada persis disamping kanan bawah dari switch On/Off, hilang. Jika itu terjadi, kita akan langsung menjumpernya dengan mencabut IC UEM. Tapi cara demikian ini, relatif sulit, karena banyak sekali yang telah melakukan teknik ini akibatnya fatal.

Sebab, dengan mencabut IC UEM akan lebih banyak risiko. Kali ini, kami akan memberikan teknik yang risikonya kecil, bahkan tak ada sama sekali. Teknik ini tidak dengan mencabut IC UEM, melainkan hanya dengan melakukan jumper dari kaki positif baterai dengan titik tes point yang berada pada samping kiri atas dari IC UEM.

Jalur Konektor Switch On/Off Nokia 1100
Berbicara jalur switch On/Off Nokia 1100 juga cenderung sedikit mengalami kesulitan, apalagi jika kita harus mengangkat IC UEM yang diberi lem dari pabrik. Sangat sedikit tingkat keberhasilannya, jika melakukan jumper jalur switch On/Off dengan kaki IC UEM. Anda dapat melakukan jumper jalur switch On/Off tanpa mengangkat IC UEM.

Jalur Konektor Switch On/Off Nokia 3220
Jalur switch On/Off pada ponsel Nokia 3220 langsung mengarah kepada IC UEM, dengan tetap ada komponen kecil pendukung seperti resistor dan condensator. Namun, kadang kita mendapati Nokia 3220 yang komponen kecilnya. Ikuti langkah yang telah kami berikan dengan mengikuti tehnik jumper.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates