Wednesday, May 27, 2009

0 Makalah SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN LOKASI SPBU

Pada jaman sekarang ini SPBU menjadi sebuah proyek bisnis yang sangat menguntungkan. SPBU sendiri dapat didirikan bila kita terlebih dahulu mengadakan kerja sama dengan pihak pertamina, sebagi perusahaan umum negara yang mengatur masalah perminyakan dan segala jenisnya.

Banyak orang berlomba-lomba untuk mendirikan SPBU karena melihat prospek jangka panjang yang menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Konsumen dari SPBU sendiri bisa terdiri dari para pengguna kendaraan baik itu sepeda motor, mobil pribadi, mobil angkutan umum dan sebagainya. Yang notabene sangat banyak sekali di negara kita.

Tapi di lain pihak, kita juga harus menelusuri bahwa sekarang bisnis SPBU ini telah banyak sekali berdiri di berbagai daerah. Mendirikan SPBU secara sembarangan bukan malah menimbulkan untung bagi kita malah akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Karena itu diperlukannya sebuah perhatian terhadap keadaan lingkungan di sekitar tempat kita akan mendirikan SPBU nantinya.

Untuk itu diperlukan suatu sistem yang sangat cocok dalam melakukan analisa ini yaitu, Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis yang biasa juga disingkat SIG merupakan suatu bidang ilmu yang sangat membantu dalam penentuan lokasi yang sanagt tepat sehingga akan memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh. Teknologi SIG dapat memenuhi keperluan penyajian informasi yang cepat dan akurat sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Perkembangan SIG tersebut adalah penyajian suatu sistem informasi yang disertai data dalam bentuk grafik khusus dalam bentuk peta digital, tidak hanya berupa teks biasa, sehingga informasi yang diperoleh user lebih mudah dipahami dan jelas.

Download

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates