Wednesday, May 27, 2009

0 Makalah PERBANDINGAN BAHASA PEMOGRAMAN JAVA & C

Sejarah Singkat Bahasa Java

Pada 1991, sekelompok insinyur Sun dipimpin Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa computer untuk perangkat consumer seperti cabel tv box. Karena perangkat itu tidak mempunyai banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode yang liat. Juga karena manufaktur-manufaktur berbeda memilih pemroses-pemroses berbeda, maka bahasa harus bebas dari arsitektur manapun. Proyek diberi nama kode “Green”.

Karena orang-orang di proyek Green berbasis C++ bukan pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi objek bukan procedural. Mulanya bahasa yang diciptakan diber nama “Oak”, kemudian diganti “Java” karena telah ada bahasa pemograman yang bernama “Oak”.

Pada 1995, Netscape memutuskan membuat browser yang dilengkapi dengan java. Setelah itu diikuti oleh IBM, Symantec, Inspire, bahkan Microsoft.

Sejarah Singkat Bahasa C dan C++

Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Labs (laboratorium BELL milik AT&T) tahun 1972. Mula –mula bahasa C ditujukan untuk operating system UNIX di ell Labs, tetapi kemudian menyebar di PC IBM kompatibel yang memakai DOS sebagai operating systemnya. Bahasa C diterima secara luas karena ekspresi syntax-nya efisien dan lengkap. Banyak program kelas dunia diciptakan dengan bahasa C.

Bahasa C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup sebagai kelanjutan bahasa C untuk pemrograman dengan konsep object oriented. Karena dibuat di luar lembaga kenamaan, C++ mula-mula kurang dikenal. Dengan semakin meluasnya pemakaian konsep pemrograman object oriented, akhirnya C++ juga digemari.

Download

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates