Tuesday, February 7, 2012

0 James Prescott Joule

Joule, James Prescott (1818-1889), ahli fisika Inggris, lahir di Salford, Lancashire, Inggris. Salah satu fisikawan ing outstand dari hari, Joule terkenal karena penelitiannya tentang listrik dan termodinamika. Dalam perjalanan penyelidikan tentang panas yang dipancarkan dalam sebuah sirkuit listrik, ia merumuskan hukum, sekarang dikenal sebagai hukum Joule, dari pemanas listrik, yang menyatakan bahwa jumlah panas yang dihasilkan setiap detik dalam sebuah konduktor oleh arus listrik sebanding untuk resistansi konduktor dan dengan kuadrat arus.

Joule dikenal sebagai siswa yang rajin belajar, rajin bereksperimen, dan juga rajin menulis buku. Bukunya yang berjudul Tentang Panas yang Dihasilkan oleh Listrik terbit pada tahun 1840 saat ia berusia 22 tahun. Tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 1843 bukunya mengenai ekuivalen mekanik panas terbit. Lalu, empat tahun berikutnya (1847) ia juga menerbitkan buku mengenai hubungan dan kekekalan energi.

Joule eksperimental diverifikasi hukum kekekalan energi dalam studinya tentang transfer energi mekanik menjadi energi panas. Menggunakan metode independen banyak, Joule ditentukan hubungan numerik antara panas dan energi mekanik, atau setara mekanik panas.

Satuan energi yang disebut joule yang dinamai menurut namanya, itu adalah sama dengan 1 watt-detik, atau 10 juta ergs, atau sekitar 0,000948 British thermal unit. Bersama dengan fisikawan William Thomson (kemudian Baron Kelvin), Joule menemukan bahwa temperatur gas jatuh ketika meluaskan tanpa melakukan pekerjaan apapun. Prinsip ini, yang menjadi dikenal sebagai efek Joule-Thomson, mendasari pengoperasian pendingin umum dan sistem pendingin udara.



0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates