Sunday, February 5, 2012

0 André-Marie Ampère

Amper lahir di Lyon, Prancis pada tanggal 20 Januari 1775. Pada tahun 1796 Amper bertemu Julie Carron, dan pada tahun 1799 mereka menikah. Pada tahun 1801 ia pindah ke Bourg-en-Bresse, sebagai guru besar fisika dan kimia, meninggalkan istri dan anaknya yang sakit bayi-nya (Jean-Jacques amper) di Lyon. Kematiannya, pada bulan Juli 1803, amper bermasalah selama sisa hidupnya. Juga pada 1804, amper diangkat guru besar matematika di Universitas Lyon. Andre Marie ilmuwan Prancis, yang terkenal karena kontribusi penting untuk studi tentang elektrodinamika. Ampere, satuan arus listrik, dinamai menurut namanya.

Electrodynamic teori dan pandangannya tentang hubungan antara listrik dan magnet diterbitkan dalam bukunya Recueil d'pengamatan electrodynamiques (Koleksi Pengamatan pada Elektrodinamika, 1822) dan dalam bukunya Theorie des phenomenes electrodynamiques (Teori Fenomena elektrodinamik, 1826). Ampere menemukan jarum astatic, yang dimungkinkan galvanometer astatic modern. Dia adalah yang pertama untuk menunjukkan bahwa dua konduktor paralel membawa arus perjalanan di arah yang sama menarik satu sama lain dan, jika bepergian dalam arah yang berlawanan, saling tolak.

Amper yang terkenal terutama bertumpu pada nya membangun hubungan antara listrik dan magnet, dan dalam mengembangkan ilmu elektromagnetisme, atau, sebagaimana ia menyebutnya, elektrodinamika. Pada tanggal 11 September 1820 ia mendengar tentang penemuan HC Ørsted bahwa jarum magnet bertindak oleh arus volta. Hanya seminggu kemudian, pada tanggal 18 September, amper disajikan kertas untuk Academy berisi penjelasan lebih lengkap dan fenomena yang serupa.

Pada hari yang sama, amper juga menunjukkan bahwa sebelum Academy kabel paralel membawa arus menarik atau menolak satu sama lain, tergantung pada apakah arus yang di sama (tarik) atau dalam arah yang berlawanan (tolakan). Ini meletakkan dasar elektrodinamika. Topik elektromagnetisme demikian dimulai, amper mengembangkan teori matematika yang tidak hanya menggambarkan fenomena elektromagnetik sudah diamati, tetapi juga meramalkan yang baru.

Sumber :
http://library.thinkquest.org
http://en.wikipedia.org

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates