Thursday, June 17, 2010

0 Lomba Guru Kreatif Se-Indonesia

SEMARANG- Penilaian guru berdasarkan metode pembelajaran siswa aktif ataupun kompetensi merupakan hal biasa. Namun, penanaman nilai dan moral kepada siswa belum banyak diterapkan oleh guru.

Hal itu disampaikan Dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes dalam Sosialisasi Lomba Guru Kreatif se-Indonesia 2010 yang diselenggarakan Marimas dan Unika Soegijapranata di SMPN 5 Semarang, kemarin.

Dia mengatakan, seharusnya guru tidak hanya mentransfer ilmu kepada siswa, tapi juga secara kreatif mentransfer nilai dan moral kepada mereka.

”Jika dicermati dari apa yang dilakukan oleh guru selama ini hanya mengutamakan kognisi dan hal-hal yang formal saja. Padahal, mereka juga harus menyampaikan pendidikan nilai supaya anak menjadi peka terhadap yang terjadi di lingkungannya, seperti korupsi atau kerusakan alam,” jelasnya.
Kearifan Lokal Pada tahun kelima penyelenggaraan lomba guru kreatif ini akan mengangkat tema ”Pelayanan Sosial Guru pada Masyarakat dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal”. Kriteria penilaian lomba di antaranya guru harus mampu menangkap permasalahan, merencanakan pemecahan masalah dengan melibatkan anak didik. Kemudian apakah pemecahan tersebut cocok digunakan hingga penilaian kreativitasnya.

Ketua Panitia Lomba Gregorius Hendy menjelaskan, persyaratan dalam lomba, profesi peserta adalah guru formal mulai dari jenjang TK hingga SMA, mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah tempat bekerja, belum pernah menjadi juara dalam perlombaan ini sebelumnya, dan peserta cukup menulis proposal kegiatan pengabdian sesuai persyaratan.

Pendaftaran dan pengiriman proposal, paling lambat 7 Agustus 2010. Seleksi tahap pertama 9-13 Agustus 2010, sedangkan hasil akan diumumkan 18 September 2010. Tahap kedua pelaksanaan program akan dilaksanakan 1 Oktober-30 Oktober 2010 dan pengumuman pemenang 25 November 2010 bertepatan dengan Hari Guru Nasional.

Dewan juri lomba guru kreatif Prof Dr Anita Lee (Sekretaris Dewan Pendidikan Jatim), Dik Doank (Pekerja seni dan sahabat anak), dan Darmaningtyas (Pakar dan Pengamat Pendidikan). Informasi Gedung Mikael lantai 2 Unika Soegijapranata Jalan Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Duwur, telp 024-8441555 ext 108/120, email: lombagurukreatif 2010@yahoo.com. Contact person: Gregorius Hendy (0817463976), Endah (085866424302). formulir dapat diunduh di www.unika.ac.id/lgk dan www.marimas.com, serta di Toko Buku Gramedia. (K3,J14-37)

sumber : http://m.suaramerdeka.com

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates