Monday, July 16, 2012

0 Promosi Blog Perlukah?

Bebepara waktu yang lalu banyak teman yang mempermasalahkan promosi blog di forum diskusi di Facebook, mungkin untuk menaikkan rating blognya agar terkenal, saking seringnya jadinya orang bosan kali ya... untuk melihat blog yang dipromosikan sehingga banyak pro kontra dengan keberadaan blog yang di promosikan. Itu dari segi orang yang sudah banyak ilmunya sehingga mereka sangat paham dengan apa yang isi konten yang di promosikan. Nah yang jadi permasalahan sekarang bagaimana pendapat teman yang belum paham dengan isi materi atau bahkan mereka sangat butuh akan informasi tersebut. Dan jujur mungkin yang suka promosi blog butuh juga tuh blognya di kenal. Nah sekarang menjadi pertanyaan perlaukan promosi blog kita?

Kemarin saya mencoba lagi promosi blog di salah satu group yang tentunya group ini saya pikir tidak begitu mengenal blog saya, dan informasi yang saya tulis mungkin juga bermanfaat bagi mereka. dan ternyata ada respon yang positif dengan komentaranya, selain itu saya juga melihat ada komentar yang positif atrtinya mereka juga membutuhkan informasi apa yang saya tulis tentunya tulisan tersebut tidak semata-mata kopi paste namun sebuah tulisan yang berupa ide, masukan atau sejenisnya. Atau bahkan sebuah tutorial yang tentunya sangat dibutuhkan dalam waktu dekat.


Sebagai misal bagaimana sih UKG online dilaksanakan, bagaimana caranya menggunakan aplikasinya dan yang lain-lainyya. ternyata memang ini banyak di cari oleh banyak orang. Saya melihat saja di sekolah saya pada tanya sama saya atau teman saya yang sering internet. Walau mereka sudah saya kopikan tetap saja mereka ingin melihat yang ada di internet. Dan tentunya memang yang lebih bagus adalah memperlihatkan dari sumber yang jelas dan aslinya. Walau kadang sumber yang digunakan kadang belum ada atau filenya sudah hilang. Sebagi contoh ketika saya mencari kisi-kisi UKA IPA 2012 kemarin di sumber aslinya kok tidak lengkap. langsung saya browsing Alahmdulillah ternyata ketemu di blog teman. Melihat uraian ini tentu sah-sah saja kita mengupload informasi dan kita sebarkan informasi tersebut. siapa tahu pada suatu saat ada yang membutuhkanya.

Jadi menurut saya promosi blog tidak ada masalah asalkan volume promosi tidak membuat user menjadi jenuh dengan blog kita, informasi yang kita upload tentunya juga harus bermanfaat bagi user. promosi yang paling efektif tentunya adalah ke group atau teman-teman yang seide dengan kita jika kita ingin komentar postif, jika Anda memang tipe orang yang suka konfrontasi silahkan saja sebarkan ke situs yang tidak seide anda tapi harus berani tuh tanggung jawabnya.

Dengan promosi kadang ada komentar, dan dari koemntar kita bisa mengetahui apa yang diinginkan pengguna blog kita, dan kita bisa menambah konten dalam blog kita sesuai pengguna adal masih sesuai dengan topik blog kita.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates