Monday, July 23, 2012

0 GARA-GARA UKG ONLINE GURU JADI MELEK IT

Yuk Belajar IT
Pada saaat ini mau tidak mau guru harus dituntut untuk mengetahui perkembangan teknologi, contoh kecil saja pelaksanaan UKG online, yang menurut sebagian masih merasa kerepotan dengan pengggunaan aplikasi onlinenya. Dan tentunya dengan ini yang menuntut guru mau tidak mau untuk mengenal internet, karena pelaksanaan memang dilakukan secara online.


Terlepas dari kesiapan panitia dalam pelkasanan UKG online ini memang yang dirasa cukup singkat kelihatan dari pembuatan web yang memang belum lama dibandingkan dengan rencana pelaksananya, begitu juga dalam upload kisi-kisinya. Ini semuanya menuntut para guru untuk sigap dan segera mencari informasi. Nah salah satu informasi yang cepat adalah menggunakan internet.

Sebagai misal ketika teman-teman pada kesulitan atau meraba-raba bagaimana cara menggunakan aplikasi UKG online ini. Ternyata ada teman yang kreatif untuk menanyakan ke LPMP Jateng melalui Facebook dan Alhamdulillah pihak LPMP Jateng tanggap dan membuat video tutorial UKG online dan langsung di upload, sehingga kita bisa mengunduh atau mendownloadnya melalui google doc, (salah satu media yang dapat digunakanuntuk mengupload file yang kita miliki dan kita juga bisa mendownload dan share kepada teman) kemampuan menggunakan facebook sebagai media komunikasi

Dari permasalahan ini kita bisa melihat bagimna guru mampu menggunakan media Facebook untuk media komunikasi guru ketika mereka mengalami kendala atau permasalahan sehingga mendapatkan solusi, coba kita bisa bayangkan jika guru-guru mampu menggunakan teknologi Facebook ini untuk saling tukar informasi share kemampuan begitu luar biasanya guru-guru di Indonesia.

Kasus kedua adalah diperlukannya kemampuan guru untuk mendownload yang memang belum tentu semua guru bisa, coba bisa di bayangkan jika guru bisa mendownload materi-materi yang ada di internet dan digunakan dalam media ajar mereka. karena begitu banyaknya media yang sudah di upload di internet yang dapat kita manfaatkan sebagai media pembelejaran salah satunya adalah media video yang ada di Youtube. Apalagi jika mereka mampu untuk mengupload materi-materi yang ada dan menyebarkannya sehingga lebih banyak manfaat yang diperoleh oleh guru yang lainnya maka menjadi hal yang luar biasa.

Dari tulisan singkat ini tentunya mau tidak mau , tua atau muda harus mampu menggunakan IT atau sering kita menyebutnya guru harus mengenal IT . Walaupun harus menjadi catatan besar mengenal IT saja tidak cukup tanpa di barenge dengan kemampuan pedagogik, kemampuan profesional, karena kemampuan menggunakan IT itu hanya sebagian kecil saja dalam menjamin kesuksesan pendidikan di Negeri tercinta ini.

Sukses Untuk guru Indonesia yang Mau Menjadi Guru Pembelajar

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates