Tuesday, July 24, 2012

0 Perubahan Wujud Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah kalian pernah melihat pembuatan garam dari air laut. Ternyata pembuatan garam dari air laut menggunakan proses perubahan wujud zat. Perubahan wujud apa yang terjadi pada pembuatan garam tersebut. Untuk mengetahuinya marilah kita belajar tentang perubahan wujud suatu zat.

1. Membeku

Ketika kita melihat gambar di atas tentunya yang terbayang dalam pikitran kita adalah "wah lezatnya es krim ini jika dimakan". Tapi apakah pernah berpikir proses peruabahan wujud apa yang terjadi pada gambar di atas.

Gambar di atas adalah gambar es krim yang diperoleh dengan cara perubahan wujud membeku yaitu perubahan wujud dari cair manjadi padat. Es krim ini terbentuk karena air yang di campur dengan gula di dinginkan pada suhu tertentu sehingga berubah menjadi padat.

2. Mencair
Gambar di atas menunjukkan salah satu peristiwa di alam yaitu mencairnya es dikutub karena kenaikan suhu bumi. Perubahan wujud mencair yaitu perubahan wujud dari padat menjadi cair. Contoh lain yang sering kita temui adalah mencairnya margarin ketika kita menuangkannya di atas wajan yang di panaskan, mencairnya besi ketika besi itu dileburkan daningin di jadikan sesuatu yang lain, melelehnya lilin atau plastik ketika dipanaskan.

3. Mengembun
Gambar di atas menunjukkan salah satu contoh peristiwa pengembunan yaitu perubahan wujud dari gas menjadi zat cair. Peristiwa di atas sering kalain temui diwaktu pagi hari di daunan ada titik -titik air, hal ini disebabkan karena udara di sekitar daun berubah menjadi zat cair karena suhunya rendah di waktu malam hari. Peristiwa lain yang merupakan contoh pengembunan adalah apabila kalian membuka magig ger yang sedang listriknya mati maka di atas tutup akan ada bintik-bintik air. bintik air ini terjadi karena perubahan wujud dari gas yang dihasilkan panas nasi beruabah menjadi cair ketika di bawah tutup karena perubahan suhu.
Pecinta IPA  untuk  melihat LKS dan Video praktek mengembun silahkan buka disini 

4. Menguap
Gambar di atas menunjukkan salah satu contoh peristiwa menguap yaitu perubahan wujud dari cair menjadi gas. Peristiwa di atas kalian sering temui ketika ibu kalian sedang memasak air. Ketika air terus di panaskan maka air tersebut akan berubah mennjadi uap. Hal ini disebakan karena partikel air yang dulunya lebih rapat karena adanya peruabahan suhu menjadi lebih panas partikel tersbut menjadi lebih renggang gerakkanya partikel juga menjadi lebih bebas saat itulah menjadi gas terjadi.

5. Menyublim
Gambar di atas adalah gambar. Tentu kalian sudah sering meilihatnya di rumah kalian. Ibu kalian sering menggunakan kapur barus itu di dalam almari atau di kamar mandi. Tujuan ibu kalian menruhnya di almari dengan tujuan untuk mengurangi bau apek atau tidak enak pada almari yang penuh dengan baju. sehingga almari tidak menjadi lembab.
Selain itu alasan digunakannya kapur barus di almari ternyata karena perubahan wujud ini sering disebut dengan menyublim. Jadi menyublim adalah perubahan wujud dari padat menjadi gas tanpa mengalami fase cair.

Begitu banyak manfaat ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita harus selalu bersemnagat untuk belajar fisika. agar lebih banyak pula kita menemukan manfaatnya.


Ayo berlatih dan uji kemampuanmu di sini, lihat juga materi yang lainnya!
PhotobucketSoal&PembahasanPhotobucketUji KompetensiPhotobucketDaftar Materi IPA

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates