Saturday, May 21, 2011

0 Bermain Sambil Belajar

Bermain sambil belajar merupakan salah satu yang digalakan dengan model pembelajaran PAKEM ( pembelajran aktif kraetif dan menyenangkan) sehingga anak menjadi senang akan belajar sesuatu tidak merasa terbebani dan akhirnya materi dapat tersampaikan dengan baik.


Walau sebenarnya murid SMP sudah seharusnya di kenalkan konsep yang abstrak namun karena mereka masih peruabahan dari massa anak anak menuju dewasa, maka tentunya mereka mengalami massa puber yang tentunya tidak ada salahnya jika pembelajaran dapat serasa bermain. Walau tentunya dengan aturan- aturan yang masih sudah ditetapkan sebelumnya. Jangan sampai dengan bermain malah tujuan belajar tidak tercapai dengan baik.

Namun dalam model ini diperlukan manajemen kelas yang baik karena jika tidak maka kelas menjadi tidak terkontrol akibatnya siswa menjadi kebanyakan bermain tidak menjadi fokus dalampembelajran, sehingga ketegasan seorang guru dalam mengelola kelasnya sangat diperlukan apalagi hal itu jika dilaksanakan di ruang laboratorium dengan peralatan yang mudah pecah, maka akan membahayakan.

Walau begitu guru tidak perlu takut akan kerusakan barang karena jika kita tegas maka murid [un akan enggan untuk berbuat yang tidak kita kehendaki, mnamun ketegasan kita jangan samapai membaut situasi belajra menjadi tidak nyaman karena mereka menjadi takut dengan kita, maka konsep bermain sambil belajar tadi tidak sampai dengan tujuan yang kita harapakan.

selamt mencoba. salam sains.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates