Saturday, August 29, 2009

0 Mengamati gejala kehidupan

Mengamati gejala kehidupan adalah proses ilmiah bagi anak untuk lebih mengetahui apa yang terjadi dengan alam hal ini sangat penting , Kenapa? karena anak mengetahui langsung apa yangterjadi tidak memabyangkan.

Namun sekarang IPA banyak yang hanya menjadi satra karena hanya di ajarkan dengan metode ceramah. saya pernah ikut pelatihan sekarang ada metode gaya mengajar IPA yaitu IPA sastra lkarena guru hanya bercerita tidak melakukan sikap ilmiah yang salah satunya adalah dengan mengamati.

Coba saja anak praktek anak akan meras senang denagn kegiatanini karena anak akan benar-benar mengerti mengapa ini bisa terjadi, mengapa bisa seperti itu.
yang dilanjutkna dengan menagmbil data dan menganalisisnya sehingga mereka tahu prosesnya tidak hanya langsung kesimpulannya.

Hal di atas bisa terjadi karena kemalasan guru dalam menyipakan alat dan bahan yang ada di LAboratorium atau karena memang laboratorium di sekolah memang terbatas coba saja bayangkan di sekolah saya dari 24 kelas yang ada hanya ada 1 laboratorium, belum l agi jika laboratorium di gunakan untuk pelatihan waduh ya sudah tidak jadi praktek.
namun semuanya memang proses untuk menjadi lebih b aik. pokoknya kita harus yakin dengan belajar mengamati siswa akan lebih paham dan akan tercamkan dalam pikiran anak dalam waktu yang lama di banding dengan mengaja dengan model IPA sastra.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates