Ruang lingkup esensi materi dari mata pelajaran IPS meliputi asptk-aspek; geografi, sejarah,sosiologi, ekonomi. Keempat aspek tersebut tentunya diambil atau dikaji dari pengalaman sebuah peristiwa. Peristiwa atau kabar berita yang terjadi dan menyangkut pada aktivitas kehidupan manusia di masyarakat serta tidak jelas asal usulnya, dan masih berupa desas-desus atau kabar angin diartikan sebagai isu sosial.
Perkembangan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu pengetahuan alam disdasari oleh pengungkapan fakta dan data yang selanjutnya sampai kepada konsep, generalisasi, teori dan hukum.
A. Peristiwa
Peristiwa atau kejadian adalah hal-hal yang pernah terjadi, peristiwa merupakan suatu kejadian yang benar-benar dan pernah terjadi, tetapi masih perlu dibuktikan kebenarannya, peristiwa ada yang bersifat alamiah dan insaniah; peristiwa yang bersifat alamiah, seperti banjir, tsunami, gempa bumi dan sebagainya. Peristiwa yang bersifat insaniah, seperti pemilu, pembangunan jembatan, krisis moneter.
B. Fakta
Peristiwa atau kejadian yan telah diuji dan diketahui kebenarannya disebut fakta, fakta merupakan hasil dari observasi yang bisa dibuktikan secara empiris dan real.
Menurut Banks (1985:85) fakta merupakan pernyataan positif dan rumusan sederhana. Pengetahuan yang hanya bertumpu kepada fakta akan sangat terbatas sebab :
1. Kemampuan kita mengingat sangat terbatas
2. Fakta bisa berubah setiap waktu
3. Fakta hanya berkenaan dengan situas khusus
C Konsep
Konsep adalah suatu istilah, pengungkapan abstrak yang digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan atau mengkategorikan suatu kelompok dari suatu (benda), gagasan atau peristiwa.
Konsep dapat dipelajari dengna efektif jika disertai dengan mengemukakan sejumlah contoh yang positif.
D Generalisasi
Menurut Schuneke (1988:16) generelisasi merupakan absraksi dan sengat terikat konsep. Untuk memahami generalisasi diperlukan paling sedikit 2 konsep; bisa dari satu disiplin ilmu sosial atau dari disiplin ilmu sosial yang berbeda.
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial apda SD kelas III antara lain dengan
1. Menceritakan lingkungan alam sekitar
2. Membuat denah dan peta dengan bekerja sama
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial pada SD kelas IV antara lain dengan ;
1. Membaca peta lingkungan
2. Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam
3. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
E Aspek-aspek IPS dan konsep dasarnya
1. Sosiologi
Sosiologi memiliki konsep-konsep dasar antara lain ; sosialisasi, peranan norma dan sanksi, nilai (values), gerakan sosial, masyarakat
2. Ekonomi
Konsep – konsep dasar ekonomi antara lain; kelangkaan, produksi, saling ketergantungan, pembagian kerja
3. Geografi
Konsep-konsep dasarnya antara lain; lokasi, interaksi spasial, pola spasial kota, difusi kebudayaan.
4. Sejarah
Konsep-konsep dasarnya antara lain; kontinuitas dan perubahan, waktu lampau, kerjasama konflik, nasionalisme.
Dalam memilih konsep taba (dalam Banks 1985:43) menyebutkan kriteria berikut :
1. Validity : konsep yang tepat
2. Significance : Bermakna
3. Appropriatences : Kelayakan atau pantas
4. Durability : tahan lama
0 comments:
Post a Comment