Monday, February 8, 2010

0 Model Pembelajaran dengan Outbound

Pembelajaran tidak harus di dalam kelas pembelajaran bisa dilakukan diluar kelas. Salah satu pembelajaran di luar kelas adalah model pembelajaran dengan Outbound. Model pembelajaran ini sangat diminati anak, hal ini dikarenakan anak bisa meluapkan apa yang menjadi kepenetannya selama di kelas.

Pembelajaran dengan outbound ini dapat diintegrasikan dengan pemebalajaran yang ada di sekolah, bisa di lakukan dengan permainan atau game-game yang di desain agar anak bisa bermain tetapi dapat juga belajar. Sehingga jika ada anggapan dengan outbound anak hanya main-main saja saya kurang tepat. Dengan model pembelajaran outbound ini anak banyak belajar tentang kehidupan nyata, selain itu bisa melatih kerjasama, tanggung jawab, keberanian dan masih banyak lagi manfaaat yang di ambil dengan outbound ini.

Memang tugas guru menjadi berat karena dengan outbound ini membutuhkan tenaga fisik yang ekstra dan memerlukan pengawasan yang khusus jika dilakukan dengan anak-anak. namun manfaat yang didapatkan akan terasalebih dibanding dengan tenaga ekstra yang dikeluarkan guru.

Dan tentunya model pemebelajaran ini sangat sesuai dengan kurikulum saat ini yang salah satu tujuan pemeblajran adalah memberikan pengalaman hidup yang contekstial dengan dasar pemebelajran yang menyenangkan.

Outbound yang dilakukan tidak harus mahal dengan peralatan peralatan yang mahal pula. Outbound bisa murah, misalnya pergi ke sungai, ke sawah, atau menggunakan alat peraga di alam sekitar misalnya kayu, air, dan media lain yang mendukung.

Orang tua wali murid juga banyak yang mendukung dengan hal ini karena anak akan merasa lebih percaya di ri, hal ini adalh pengalaman menulis ketika mendampingi anak mengikuti outbound di luar selain memupuk kemandirian anak.

Jadi selamat mencoba pembelajaran dengan Outbound, dan rasakan perbedaan bagaimana kesan dan pesan murid model pembelajaran seperti ini.
Nah bagaimana model pembelajran in idapat diterpakan di sekolah sialhkan tunggu posting saya selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Universitasku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates